Sabtu, 24 September 2011

semangat untuk sukses


“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu sudah selesai dengan satu urusan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (Q.S. Al-Insyirah :5-8)

a.      Kita semua pintar, kita semua cerdas



“Hal terpenting bagi kita adalah menyadari dan mengembangkan ragam kecerdasan menusia dan kombinasinya. Kita berbada karena memiliki kombinasi kecerdasan yang berbeda-bed. Jika menyadarinya, setidaknya kita lebih punya peluang mengatasi masalah yang kita hadapi dengan baik.” Howard Gardner (1987)

Sesungguhnya semua manusia diciptakan dengan segala kebaikan dan keistimewaannya. Termasuk anugerah kecerdasan. Manusia memiliki berbagai macam kecerdasan yang terdapat dalam dirinya, inilah yang disebut multiple intelligence atau kacerdasan majemuk. Tahukah anda, bahwa setiap orang memiliki delapan potensi kecerdasan. Subhanallah. Apa sajakah? Mari kita lihat potensi kecrdasan yang sebenarnya telah ada pada masing2 diri kita, sambil mengamati aktivitas apa yang menjadi indikasi kecerdasa-kecerdasan tersebut.



No.
Kecerdasan
Komponen inti
Kegiatan budaya yang mendukung
1.
Linguistik
Kepekaan terhadap bunyi, struktur makna, fungsi kata, dan bahasa.
Budaya berbicara, pembacaan cerita, kesusastraaan, budaya menulis
2.
Matematis-logis
Kemampuan dan kepekaan terhadap pola2 logis, numeris, kemampuan mengolah alur pemikiran yang panjang
Penemuan ilmiah, teori matematika, sistem klasifikasi, dan penghitungan
3.
Spasial
Kepekaan merasakan dunia spasial, visual, secara akuratdan mampu mentransformasi persepsi awal
Karya-karya seni, sistem navigasi, desainn arsitektur, karya cipta, desain interior.
4.
Kinestetis-jasmani
Kemahiran mengelola gerak tubuh dan kemahiran mengelola objek, kepekaan terhadap warna, garis
Kerajinan tangan, kemampuan atletik, karya2 drama, tarian, dan seni pahat
5.
Musikal
Kemampuan menciptakan dan mengapresiasi irama, pola titinada, dan warna nada, apresiasi terhadap bentuk2 expresi musikal
Komposisi musik,penampilan di panggung, rekaman
6.
Interpersonal
Kemampuan memersepsikan atau membedakan suasana hati, maksud, motivasi, temperamen, expresi wajah, gerak isyarat serta perasaan orang lain.
Mengaktifkan diri dalam kegiatan2 sosial dan politik
7.
Intrapersonal
Memahami perasaan sendiri dan kemampuan membedakan emosi, pengetahuan tentan kekuatan dan kelemahan diri
Terlibat aktif dalam kegiatan keagamaan, sistem keagamaan, teori psikologi, ritual hidup sehari-sehari
8.
Naturalis
Keahlian membedakan anggota-anggota suatu spesies, mengategorikan spesies floradan fauna di lingkungan sekita, kepekaan terhadap fenomena alam
Taksonomi umum, pengetahuan umum, tentang tumbuhan, berburu, mitologi ruh binatang, kegiatan memelihara binatang, bercocok tanam.

     



Nah bagaimana???? Potensi kecerdasan mana yang anda miliki dan ingin anda kembangkan??? Dalam diri kita, pasti ada delapan kecerdasan tersebut, namun seiring berjalannya waktu dan pengalaman, kita akan semakin mantap menekuni salah satu atau beberapa di antaranya yang tampak paling menonjol dalam diri kita.

Nah kecerdasan tersebut dapat berkembang atau tidak tergantung pada tiga faktor berikut ini :

·         Faktor biologis, termasuk di dalamnya faktor keturunan, atau genetis, dan ada atau tidaknya luka, atau cedera otak sebelum, selama, dan setelah proses kelahiran.

·         Sejarah hidup pribadi, termasuk di dalamnya pengalaman dengan guru, orangtua, teman sebaya, kawan-kawan, dan orang lain, baik yang membangkitkan maupun yang menghambat kecerdasan.

·         Latar belakang kultural atau historis, termasuk waktu daan tempat kita dilahirkan dan dibesarkan serta sifat dan kondisi perkembangan budaya dan lingkungan di tempat-tempat lain.

Oke, berarti nggak ada lagi kan alasan untuk tidak percaya diri hanya karena anda merasa kurang pandai ??? sesungguhnya kita diberi kesempatan untuk selalu mengembangkan potensi diri kita. Sebab, kita diciptakan Allah dalam sebaik-baik bentuk.!!!

“Sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar